PWI Jaya | Jakarta — Hasil penggalangan dana “Musisi Berkumpul Berdoa dan Bergerak Support Erupsi Semeru” yang digagas tim relawan dari PWI Jaya Sie Musik Film dan Lifestyle serta komunitas KOPHI, secara resmi telah disalurkan kepada warga yang terdampak letusan gunung Semeru, pada Selasa (21/12/2021).

Adapun donasi diberikan di beberapa tempat, di antaranya di BPBD Lumajang, Posko Perwira dan Posko Kantor Desa Jarit Candipuro.

Kepala BPBD Jawa Timur, Dadang mengucapkan terima kasih kepada para donatur serta para jurnalis yang telah aktif berpartisipasi dalam meringankan beban korban erupsi gunung Semeru.

“Semoga apa yang didonasikan ini bermanfaat buat para korban, terutama yang masih berada dalam pengungsian,” jelas Dadang, di Posko Jurnalis Bergerak Peduli Semeru di Kawasan Dukuh Kupang, Surabaya, Senin (20/21/2021)

Lebih lanjut Dadang memberikan gambaran tentang kondisi terkini di lokasi terdampak letusan gunung Semeru. Salah satunya data terakhir yang menunjukan sudah terdapat lebih dari 10.400 pengungsi yang tersebar di 409 titik lokasi dan 1000 rumah warga rusak.

“Penanggulangan bencana ini tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi kita lakukan secara bersama-sama,” ujar Dadang.

Setelah melakukan seremonial dengan Ketua BPBD Jawa Timur, tim jurnalis langsung menuju posko BPBD Kota Lumajang. Di tempat ini tim “Jurnalis Jakarta Bergerak” kembali menyerahkan bantuan.

Pasca menyerahkan bantuan ke BPBD Kota Lumajang rombongan pun langsung menuju lokasi bencana di Kecamatan Candipuro, Kab Lumajang, untuk menyerahkan bantuan kepada Posko Perwira yang selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat langsung

Senada, Kepala Posko Perwira, Farida Ariyani mengucapkan terima kasih kepada tim “Jurnalis Jakarta Bergerak” atas donasi yang diberikan.

“Saya berterima kasih yang sebesar besarnya kepada tim Wartawan dari Jakarta yang telah memberikan donasi untuk korban erupsi Semeru melalui Posko Perwira,” ujar Farida, yang juga Ketua DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA) Jawa Timur.

Perwira pun berjanji akan bekerja keras untuk mendistribusikan donasi dari para donatur, termasuk dari teman teman wartawan PWI Jaya sie Musik Film dan Lifestyle, KOPHI dan IMTA .

Sementara Irish Riswoyo, selaku  Ketua PWI Jaya Sie Musik Film dan Lifestyle berharap, semoga apa yang dilakukan kawan-kawan “Jurnalis Jakarta Bergerak” dalam seminggu terakhir, mulai dari penggalangan hingga pendistribusian dapat bermanfaat bagi warga yang terdampak.

“Semoga apa yang dilakukan kawan-kawan Jurnalis Jakarta Bergerak dapat bermanfaat dan bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Semeru,” jelas Irish.

Irish juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur seperti teman-teman musisi Indeep yang telah menggalang donasi melalui konser “Musisi Berkumpul Berdoa dan Bergerak Support Erupsi Semeru”.

“Terima kasih juga untuk IMTA, Fesmi, Reza Paten, Lola Amaria, Inlite, STI, Nexus, LMK Pelari Nusantara, dan Eric Martoyo, yang telah memberikan donasi melalui kami,” ujarnya.

By Ivan