PWI Jaya | PENAJAM – Bupati Tabalong Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani melepas tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI (JKW-PWI) guna melanjutkan ekspedisi ke Kalimantan Timur, pada Kamis (23/12/201) pagi.

Turut hadir Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, Komandan Kodim 1008/Tabalong Letkol Inf Ras Lambang Yudha, dan Ketua PWI Tabalong Sabirin.

Informasi yang diterima melalui via telepon dengan para tim personel JKW-PWI, kini mereka sudah berada di Muara Komam, kecamatan yang terletak di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis sore.

“Sore ini kami sudah di Muara Komam, berjarak 15 Km dari perbatasan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur,” ujar Yanni Krishnayanni, bikers perempuan satu-satunya yang berada di dalam tim berjumlah 4 orang ini.

Anggota tim lain, Agus Blues Asianto, menjelaskan, Bupati Anang Syakhfiani melepas kepergian mereka di halaman Kantor Bupati dengan perasaan bangga dan haru.

Pertemuan sekaligus perpisahan itu berlangsung tidak terlalu lama karena Bupati dan para pimpinan daerah mesti mengawasi langsung kegiatan vaksinasi COVID-19 yang berlangsung serentak di Tabalong.

“Kalau tidak ada giat vaksinasi di Tabalong, Pak Bupati pasti mengantar kami ke perbatasan Tabalong dengan Kalimantan Timur. Karena beliau juga bikers dan hobinya menjelajah dengan motor,” ungkap Agus.

Agus mengatakan, Bupati Tabalong berjanji untuk menemui kembali tim JKW-PWI pada puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2022 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Beliau adalah kepala daerah yang tidak pernah absen dalam kegiatan HPN. Enggak heran beliau pernah mendapatkan Pena Emas dari PWI Pusat,” ujar Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, selama di Tabalong, tim JKW-PWI juga mendapatkan sambutan hangat dan jamuan makan malam dari para pengurus PWI Tabalong dan rekan-rekan wartawan lainnya.

Provinsi Kalimantan Timur adalah provinsi ke-16 yang disinggahi Tim JKW-PWI sejak mereka diberangkatkan oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal Depari, dari Gedung Dewan Pers Jakarta, pada 28 Oktober 2021.

“Kami sudah melewati banyak kenangan tak terlupakan selama di perjalanan ini. Keramahan masyarakat setempat, kehangatan para pimpinan daerah dan sambutan teman-teman PWI di daerah sungguh tidak terlupakan, ditambah keindahan alam masing-masing daerah,” ucap Agus.

Perlu diketahui bersama, penjelajahan bersejarah empat jurnalis ini mengampanyekan gerakan cinta Tanah Air melalui komunikasi dengan setiap anggota masyarakat yang ditemui selama perjalanan.

Keempat jurnalis itu di antaranya Yanni Krishnayanni (askara.co), Agus Asianto (trenzindonesia.com), Indrawan Ibonk (journeyofindonesia.com), dan Sonny Wibisono (otomotif1.com).

Dari sisi kepariwisataan, JKW-PWI bisa membantu pemerintah dalam membangun kembali dunia pariwisata nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Selain didukung Ban Kingland, Ekspedisi JKW-PWI didukung oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga juga Artha Graha Peduli-Artha Graha Network | Heru Lianto

By Ivan