JAKARTA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)  akan ambil bagian dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang berlangsung di Jakarta 9 Februari 2021.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian ATR/BPN, Indra Gunawan kegiatan seminar dalam rangka HPN nanti akan diselenggarakan Webinar.

“Nanti Menteri ATR/BPN Bapak Sofyan Djalil akan bertindak sebagai keynote speech. Sedangkan narasumber dua orang dari Kementerian, juga akan dihadiri Ketua PWI Pusat Bapak Atal Sembiring Depari,” kata Indra di Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Pembahasan dalam seminar tersebut mengenai seputar Transportasi Digital di Lingkungan BPN. Pemerintah saat ini telah memberikan banyak stimulus untuk meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia. Salah satunya dengan menggencarkan DILAN (Digital Melayani).

Merespons hal tersebut, tahun lalu Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah memulainya dengan melakukan pelayanan elektronik, seperti Hak Tanggungan, Pengecekan Sertifikat, Zona Nilai Tanah serta Surat Keterangan Pendaftaran Tanah. Tidak berhenti sampai disitu, Tahun 2021 ini Kementerian ATR/BPN akan memulai penggunaan sertifikat elektronik.

Indra juga menyebutkan nantinya pembahasan tersebut dengan narasumber Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Suyus Windayana dan Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi,
Della R. Abdullah.

Dalam seminar ini peserta dapat berinteraksi langsung terkait program digital dari Kementerian ATR/BPN.

Sementara itu Ketua Pelaksana Webinar Naek Pangaribuan, didampingi Sekretaris PWI DKI Kesit B Handoyo, mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan Kamis, 4 Februari 2021.

“Ini merupakan kegiatan kerjasama Kementerian ATR/BPN dengan PWI untuk mendukung HPN yang tahun ini diselenggarakan di Jakarta,” ujar Naek.

Ditambahkan Naek, selain webinar akan dilakukan juga penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PWI Pusat dengan Kementerian ATR/BPN. Sementara dalam seminar Webinar nanti akan diikutsertakan pula anggota-anggota PWI dari berbagai daerah di Indonesia. ***

By Ivan