JAKARTA – Dua tokoh nasional Sandiaga Uno dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serta sejumlah artis legendaris antara lain salah satu Diva Pop Indonesia Vina Panduwinata, akan turut berpartisipasi dalam konser amal “The Story of Artist”, yang diselenggarakan oleh PWI Jaya dan Asosiasi Pekerja.

Kegiatan yang akan dilaksanakan, Sabtu, 18 Juli 2020, pukul 15.00 -16.30 Wib, dalam event tersebut baik Sandiaga Uno dan Syahrul Yasin Limpo akan menghangatkan suasana dengan menyumbangkan lagu pilihannya masing-masing.

Acara bertajuk ” The Story of Artist” ini, dikemas dalam bentuk Live Streaming Program Konsep Virtual Interaktif# DARI RUMAHAJA, mulai dari Stand Up Comedy oleh Kiki Saputri, ngobrol bareng artis dan tokoh, lelang barang milik artis, penampilan pengisi acara Vina Panduwinata, Kotak, Iis Dahlia, dan Close Friens.

Diharapkan event virtual ini mengundang perhatian khalayak untuk menyaksikan konser dan berdonasi. Donasi antara lain bisa dilakukan dengan membeli merchandise selama konser berlangsung.

Kehadiran Sandiaga Uni dipastikan setelah panitia menerima milis yang menginfokan Sandiaga Uno akan hadir saat acara pukul 15.15 hingga pukul 16.00.

Menegaskan lagi tujuan diadakannya pergelaran pentas amal tersebut, Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah mengatakan, hasil dari kegiatan ini akan dipergunakan untuk donasi kepada sekitar 1000 pekerja seni, baik musik, film, tari, dan seni lainnya.

“Lebih khusus lagi donasi ini nantinya menyasar kepada para crew yang selama ini belum tersentuh bantuan atau donasi,” ujarnya.

Selain Sandiaga Uno dan Syahrul Yasin Limpo, “Si Burung Camar”, Vina Panduwinata kembali menegaskan kesiapannya untuk tampil dalan konser amal tersebut.

Kepada media, Vina mengaku senang bisa terlibat dalam konser donasi yang diperuntukkan bagi 1000 pekerja seni terdampak Covid-19 ini.

Bahkan Vina akan tampil berkolaborasi dengan anak-anak muda yang tergabung dalam band Close Friens.

“Tentu saya senang bisa berpartisipasi dan mendukung program acara penggalangan dana seperti ini. Kita tahu bahwa situasi pandemi covid 19 ini sangat amat mempengaruhi kehidupan manusia dimana banyak sekali saudara-saudara kita yang menghadapi kesulitan yang luar biasa. Karena aku hidup di dalam dunia hiburan, pastinya aku sangat amat mendukung dan aku sangat amat happy, untuk ikut dalam acara penggalangan dana ini. Semoga hasilnya nanti bisa membantu meringankan beban saudara saudara kita,” jelas Vina Panduwinata.

Lebih lanjut Vina menambahkan, “Aku nanti akan perform bersama close friend band dimana mama Ina ini sudah lama sekali berkolaborasi dengan anak-anak muda ini.

“Di close friend ini ada Ikmal Tobing, DJ Goeslan, Rio Ricardo, Ibeth Estrya, dimana aku ini sudah bertahun-tahun berkolaborasi dengan mereka,” tambah Vina.

Kolaborasi dengan anak muda menurut Mama Ina (panggilan akrab Vina Panduwinata) merupakan bentuk atau cara untuk menghargai anak2 muda itu lewat musik.

“Musik itu milik semua umur, makanya aku bergabung dengan mereka itu karena aku ingin sekali mereka tau bahwa aku sangat menghargai mereka, anak-anak muda ini lewat musik. Jadi gimana kalau sudah seumuran aku ini kadang bingung juga dengan musik mereka, tetapi aku coba mengerti musik mereka dan mencoba menikmatinya”, tambah pelantun Burung Camar ini.

Momen Saling Memberikan Dukungan

Kesiapan juga disampaikan Tantri Kotak, yang mengaku bahwa penampilannya dalam pentas nanti merupakan momen untuk saling memberikan dukungan terhadap sesama artis, musisi dan kalangan pelaku seni lainnya.

“Kalau ditanya kenapa bersedia, karena kita sama-sama mendapatkan impact dari wabah ini, perizinan disulitkan dan akhirnya kami tidak dapat manggung dan menghibur, jadi ya aku merasa di acara ini adalah momen untuk saling suport antara kita bersama,”ungkap dia.

Harapannya semoga agar kedepannya acara ini bisa merangkul kembali, memberikan support antar sesama musisi dan juga wartawan.

“Agar kita sama-sama saling bahu membahu untk bisa keluar dari kepenatan dan mencari solusi bagaimana nantinya kita bisa tetap bernafas di industri hiburan,” tambah Tantri.

Senada dengan Tantri, Choky Sitohang yang akan memandu acara mengaku kegiatan ini merupakan momentum yang pas untuk kreatif.

Kepada rekan-rekan pekerja seni yang biasa disebut artis. Saya berfikir ini juga adalah momentum yang tepat ditengah pandemi ini untuk kita terus kreatif, terus berbuat, tetap produktif dan tidak hanya sekedar mengasihani diri sendiri.

Selama ini kita juga pernah ditolong oleh sekumpulan orang yang kita tidak kenal namanya tapi mereka sudah bekerja dgn begitu baik, dan banyak pahlawan yang namanya tidak disebutkan dan ikut membantu.

“Saya merasa jika rekan-rekan artis dihubungi dan dimintakan tolong dengan cara persuasif, saya rasa tidak sulit untuk mereka bergabung. Karena pastinya rekan seniman seperti saya MC, penyanyi atau banyak dibidang lain, mereka justru merasakan penderitaan yang sama ditengah pandemi ini,” ujang Choky.

Lanjutnya, sekalipun juga banyak pekerjaan kita yang di stop untuk sementara, tapi di sisi lain kita juga merasa rindu, kangen untuk bertemu sama teman-temen yang pernah bekerja dengan kita di depan layar ataupun di belakang layar.

“Jadi saya menghimbau untuk kepada rekan-rekan selebritis, para artis, pekerja seni yg memungkinkan untuk ikut bergabung di acara ini,” ungkap Choky.(rls/vn)

By Ivan