Anugerah Jurnalistik Muhammad Husni Thamrin ​

anies baswedan MHT awards

Eforia reformasi membuat industri pers di Indonesia tumbuh pesat. Berkat kerja keras wartawan masyarakat makin mudah memperoleh informasi. Menjamurnya organisasi wartawan dan lembaga media serta hasil cetak/siaran/tayangannya, berpengaruh terhadap kualitas wartawan.

PWI DKI Jakarta bertekad terus meningkatkan profesionalisme wartawan anggotanya, dan wartawan di wilayah Jabodetabek “to be a good and professional journalist” (menjadi wartawan yang baik dan profesional).

Dalam mendukung dan mewujudkan wartawan yang profesional, PWI DKI Jakarta juga memberikan penghargaan Anugerah Jurnalistik M.H. Thamrin – PWI Jaya. Program ini diharapkan  dapat memotivasi  wartawan antara lain dengan  memberikan penghargaan atas anugerah jurnalistik di DKI Jakarta.

Anugerah Jurnalistik MH Thamrin PWI Jaya adalah penghargaan karya tulis jurnalistik yang diberikan oleh PWI DKI Jakarta sejak 1995/1996 hingga periode 1997/1998. Tradisi prositif ini terhenti selama empat periode (1998/1999 sampai dengan 2001/2002). Hal itu dikarenakan adanya krisis ekonomi, sehingga tak ada sponsor dan sumber daya manusia yang menjalankan kegiatan ini.

Sejak tahun 2018 PWI DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta menggelar Anugerah Jurnalistik MH Thamrin yang diberikan kepada wartawan yang menyajikan karyanya. Dalam anugerah jurnalistik ini secara khusus memberikan penghargaan atau anugerah atas karya jurnalistik wartawan yang  menyangkut aspek pembangunan di wilayah DKI Jakarta.

Kini Anugerah Jurnalistik MH Thamrin – PWI Jaya kembali masuk dalam program tahunan Pengurus PWI DKI Jakarta 2019- 2024. Anugerah Jurnalistik MH Thamrin yang diberikan kepada wartawan yang menyajikan karyanya menyangkut aspek pembangunan di wilayah DKI Jakarta. Untuk tahun 2019 khusus karya yang dipublikasikan dalam kurun waktu 1 Juni 2018 hingga 31 Mei 2019.

Tujuan 

1.  Meningkatkan kualitas dan perilaku/profesionalisme pers; 

2. Menjalin kemitraan dengan pejabat Pemprov DKI Jakarta; 

3. Mempererat jalinan kemintraan dengan para pihak yang peduli terhadap peningkatan profesionalisme pers.

Kategori Bidang Lomba 

 1. Tajuk Rencana, 

2. Foto 

3. Berita tentang Layanan Publik, 

 4. Artikel Umum, 

5. Features Siaran TV, 

6. Features Siaran Radio. 

7. Feature Media Online

Berita Anugerah Jurnalistik