Panitia dan tim juri Anugerah Jurnalistik Muhammad Husni Thamrin (MHT Awards) pekan ini terus merampungkan sejumlah agenda penjurian. Kini tahap penjurian sudah memasuki babak akhir. Sejumlah artikel atau karya jurnalistik seputar permasalahan dan informasi di Jakarta terus diseleksi. Panitia dan tim juri berharap mendapatkan karya terbaik untuk mendapatkan penghargaan.

Antusiasme wartawan dan media untuk mengikutkan karya mereka di MHT Awards juga luar biasa. Tahun ini tim juri merasa sedikit kewalahan untuk menseleksi dan memilah-milah karya jurnalistik yang terkumpul dan atau dikirimkan. Ini tentunya sebuah perkembangan yang sangat menggembirakan mengingat tahun-tahun sebelumnya antusiasme tidak seheboh tahun ini.

Antusiasme ini sejalan dengan tekad PWI DKI Jakarta yang bertekad terus meningkatkan profesionalisme wartawan anggotanya, dan wartawan di wilayah Jabodetabek “to be a good and professional journalist” (menjadi wartawan yang baik dan profesional). Ke depan Program ini diharapkan  dapat memotivasi  wartawan antara lain dengan  memberikan penghargaan atas anugerah jurnalistik di DKI Jakarta. Apalagi Anugerah Jurnalistik MH Thamrin PWI Jaya ini adalah salah satu penghargaan karya tulis jurnalistik yang diberikan oleh organisasi wartawan tertua dan terbesar di Tanah Air.

Terlebih program ini juga mendapatkan sambutan hangat dari Pemprov DKI Jakarta yang secara konsisten mendukung program yang dibuat oleh wartawan Ibukota. “Tahun ini MHT Awars akan jauh berbeda. Konsep yang kami usung dalam acara ini lebih berwarna dan penuh kejutan. Pokoknya lebih milenial,” ungkap TB Adhi S. Priyanto, Ketua Panitia MHT Awards.  

Anugerah Jurnalistik MH Thamrin – PWI Jaya menjadi salah satu program tahunan Pengurus PWI DKI Jakarta yang diharapkan memacu para jurnalis untuk lebih kritis dalam berkarya.  Untuk tahun 2019 khusus karya yang dipublikasikan dalam kurun waktu 1 Juni 2018 hingga 31 Mei 2019.

Kategori

Untuk tahun 2019, ada tujuh kategori yang dilombakan. Pertama  Tajuk Rencana, kedua kategori Foto, ketiga ketagori Berita tentang Layanan Publik,  keempat kategori Artikel Umum. Untuk kategori kelima adalah Features Siaran Tv, ketagori keenam Features Siaran Radio, serta kategori terakhir adalah Feature Media Online. 

Seperti tahun sebelumnya, panitia juga menyediakan haidah menarik beruapa satu buah unit seperda motor untuk masing-masing pemenang dalam setiap kategori. Berbagai hadiah menarik lainnya juga disediakan untuk para nominee. Penghargaan tersebut dapat terwujud karena dukungan dari sejumlah sponsor seperti Bank BRI, Pelindo II dan masih banyak lagi.