JAKARTA— Anugerah Jurnalistik Mohamad Hoesni Thamrin yang selama ini menjadi program tetap dan agenda tahunan PWI Jaya kembali digelar.  Rencananya puncak anugerah jurnalistik paling bergengsi di Jakarta di akan dilakukan pada 25 Agustus 2021.

Kembali bekerja sama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta, pengurus hari PWI Jaya sudah membentuk kepanitian kecil yang diketuai oleh Kadirah.  Tugas dari panitia kali ini lebih berat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mereka harus bekerja penuh selama masa pandemi Covid-19 yang belum usai.

“Ini MHT Awards kedua di era pandemi Covid-19. Kami tetap yakin dengan kesungguhan teman-teman jurnalis maupun dukungan dari sponsor, baik institusi maupun perorangan,” ujar Ketua Panitia Pelaksana MHT Awards 2021, Kadirah.

Pada Anugerah MHT tahun 2021, panitia akan mencermati berbagai tulisan mengenai sisi pembangunan di DKI Jakarta dan seluk beluk tentang hal itu. Ini menjadi tema khusus sejak Anugerah ini digelar bersama Pemprov DKI Jakarta.

Berbagai kategori juga sudah ditetapkan panitia, mengacu pada kategori yang sudah diperbarui sejak tahun 2020. Kategori tersebut adalah Jurnalistik Teks, Jurnalistik Foto, Jurnalistik Video dari Stasiun Televisi Terestrial, Jurnalistik Video dari Media Massa Televisi Streaming, Jurnalistik Audio dari Radio, Jurnalistik Infografis baik media cetak dan media online, dan Tajuk Rencana baik dari media cetak dan media online.

Panitia yang dipimpin Kadirah, Pemred Koran Satu, serta dewan juri akan menjaring dan menilai karya jurnalistik yang dipublikasikan sejak tanggal 1 Juni 2020, hingga 31 Mei 2021. Ini memberikan kesempatan kepada seluruh wartawan media cetak dan elektronik untuk  bisa melombakan karya mereka sesuai dengan kategori yang ada.

“MHT Awards adalah program unggulan kami dengan dukungan dari Pemprov DKI Jakarta. Antusiasme dan partisipasi teman-teman senantiasa luar biasa,” ungkap Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, Selasa, 16 Maret 2021.

Bagi karya yang dinilai dan memenangkan lomba maka panitia bersama Pemprov DKI Jakarta akan memberikan penghargaan kepada mereka pada 25 Agustus 2021, di Balai Kota DKI Jakarta.

“Kami berupaya untuk mengembalikan marwah MHT Awards, agar penyerahan penghargaannya dilakukan malam hari, sehingga menjadi Malam Anugerah MHT Awards 2021,” harap Sayid Iskandarsyah.

anies dan pwi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama panitia Anugerah MHT 2020.

Masa Pandemi

Hanya saja kepastian tentang rencana tersebut masih menunggu koordinasi dengan pihak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam kondisi pemerintah masih memberlakukan PPKM Mikro di sejumlah daerah termasuk ibukota, maka penyerahan bisa berlangsung secara virtual atau hanya melibatkan para pemenang untuk hadir secara langsung.

Dalam penghargaan tahun 2020, yang digelar 2 November, Gubernur Anies memilih untuk hanya mengundang dan memberikan penghargaan kepada pemenang dan sejumlah tamu undangan secara terbatas. Selebihnya masyarakat bisa menyaksikan lewat media sosial atau lewat channel video Pemprov DKI Jakarta dan PWI Jaya.

Dalam beberapa kesempatan, Anies berharap para jurnalis di Ibukota tidak hanya menyoroti kondisi ibukota dari sisi yang buruk saja. Ia berharap jurnalis juga memberikan apresiasi jurnalistik terhadap berbagai keberhasilan yang sudah mampu diraih oleh Pemprov DKI Jakarta selama ini. Terutama selama masa pandemi Covid-19.

Hal ini dinilai penting sebagai sebuah upaya memberikan optimisme kepada masyarakat, khususnya warga Jakarta tentang  kondisi ibukota yang terus berbenah.

Pada tahun 2020  Dewan Juri telah menseleksi dan menilai lebih dari 600 produk jurnalistik yang diperlombakan. Tahun ini diharapkan jumlah karya jurnalistik yang diperlombakan atau dinilai terus bertambah.

Berbeda dengan lomba karya jurnalistik biasanya, dalam Anugerah MHT, panitia bisa menerima karya jurnalistik yang dikirimkan peserta, dan panitia bisa pula mencari karya jurnalistik  yang sesuai dengan kategori tanpa dikirimkan oleh penulis atau pembuat karya jurnalistik tersebut.

 

Pemenang Anugerah Jurnalistik MHT 2020,

Kategori Tajuk Rencana : Atasi Ketimpangan Kota (Koran Tempo 26 Februari 2020).

Kategori Produk Jurnalistik Teks : Wabah dan Sampah di Ibu Kota (Sri Muryono, Antaranews.com 27 April 2020)

Kategori Produk Jurnalistik Foto: Menengok Tempat Pesan Makanan Pakai Tali Ember di Ibu Kota (Yoki Alvetro, detik.com 14 Desember 2019.

Kategori Produk Jurnalistik Infografis : Data Pemantau Covid-19 DKI Jakarta (medcom.id 20 Maret 2020)

Kategori Produk Jurnalistik Video TV Terestrial: Aiman – Banjir Raksasa di Jabodetabek (Kompas TV 11 Januari 2020)

Kategori Produk Jurnalistik Video TV Streaming : Membendung Banjir Jakarta (kumparan.com 27 Januari 2020)

Kategori  Produk Jurnalistik Audio: Mitigasi Bencana Tantangan Proyek Fase 2 MRT Jakarta, Menjawab Tantangan Dunia (Danang Sundoro, RRI 1 Maret 2020)

Video Penghargaan Anugerah Jurnalistik MH Thamrin – PWI Jaya 2020